Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Aceh Timur Gelar SIGODAM


BANDARKHALIFAHNEWS | Aceh Timur-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Timur melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) aplikasi SIGODAM untuk 21 satuan pendidikan Sekolah Dasar (SD), acara tersebut digelar di Aula SD Negeri 2 Idi Rayeuk, Selasa (17/9).

Kegiatan Bimtek ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Timur, Muslim Z, SPd, MPd didampingi oleh Kabid PSD, Thamrin, SPd, MPd, beserta Ismail dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Timur yang bertindak sebagai teknisi aplikasi SIGODAM.

Dalam sambutannya, Muslim mengatakan bahwa aplikasi SIGODAM bertujuan untuk memperbarui sistem basis data yang digunakan dalam proses pembelajaran, terutama terkait pelaporan kinerja sekolah, baik dari segi kondisi guru maupun peserta didiknya.

“Kami berharap aplikasi SIGODAM yang telah dikembangkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Timur dapat diimplementasikan dengan baik di semua satuan pendidikan dasar dan menengah,” ujar Muslim.

Sementara, Plt, Kabid PSD Thamrin menyampaikan, bimtek aplikasi SIGODAM ini diikuti oleh para kepala sekolah dan operator dari 21 SD, dengan tujuan memberikan pemahaman dan kemampuan teknis dalam jangka pendek.Kamis (19/9/2024).

“Kegiatan ini merupakan salah satu hasil dari Program Pelatihan Kepemimpinan (PIM) III,” papar Thamrin.

Dijelaskan bahwa, implementasi aplikasi SIGODAM memiliki dasar hukum, berdasarkan, (1). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 9 Tahun 2022 tentang Evaluasi Sistem Pendidikan. (3). Keputusan Bupati Aceh Timur Nomor 420/322/2024 tentang Penerapan Sistem Integrasi Evaluasi dan Pelaporan Kinerja Sekolah Dasar dan Menengah (SIGODAM).Pungkasnya.

Post a Comment

0 Comments

Terkini

Close Menu