Pastikan Keamanan Pilkada 2024, Polres Aceh Tamiang Gelar Simulasi Sispamkota



Bandarkhalifahnews | ACEH TAMIANG - Polda Aceh, Guna memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang pada Pilkada tahun 2024, Polres Aceh Tamiang menggelar kegiatan Simulasi Sispamkota, Sabtu, (24/8/2024) lapangan belakang kantor bupati Aceh Tamiang.


Kegiatan tersebut diikuti oleh Kapolres Aceh Tamiang AKBP Muliadi, S.H, M.H beserta seluruh Personel Polres Aceh Tamiang, Unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Danki 2 Batalyon B Pelopor Aramiah AKP Muhammad Rizaldi Beserta Personil dan disaksikan ratusan masyarakat yang ingin menyaksikan simulasi Sispamkota tersebut.


Kapolres Aceh Tamiang AKBP Muliadi, S.H, M.H Selaku pimpinan apel kesiapsiagaan dalam pelaksanaan simulasi Sispamkota ini menyampaikan bahwa Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota), dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya konflik saat Pilkada di wilayah kabupaten Aceh Tamiang.


"Kita tidak mau underestimate, meskipun situasi di wilayah kabupaten Aceh Tamiang relatif aman, namun kesiapsiagaan anggota tetap ditingkatkan. Salah satunya melalui latihan sispamkota yang hari ini kita laksanakan, " ucap Kapolres.


"simulasi sispamkota ini dimaksudkan agar para petugas pelaksana pengamanan, bisa memahami akan tugas dan fungsinya saat berada di lapangan, sekaligus mengingat kembali gerakan-gerakan Dalmas, dalam pengamanan, agar ketika terjadi hal hal yang tidak diinginkan bisa bertindak secara profesional dan sesuai dengan S.O.P." Ujar AKBP Muliadi.


Dalam simulasi sispamkota ini digambarkan salah satu bakal calon bupati yang sedang melaksanakan kampanye mendapatkan ancaman dari OTK dan Berhasil diamankan oleh Personel Polres Aceh Tamiang yang melakukan pengamanan salah satu calon bupati.


Selanjutnya simulasi penanganan apabila terjadi kericuhan di Tempat pemungutan suara ( TPS ) yang disebabkan tidak puasnya salah satu massa pendukung dan penanganan demonstrasi oleh Dalmas Polres Aceh Tamiang dan Detasemen 45 anti anarkis Kompi 2 Batalyon B Pelopor Aramiah yang terjadi di depan kantor KIP Aceh Tamiang.


Selain itu, pada simulasi Sispamkota ini juga ditampilkan keahlian dari Tim CRT Kompi 2 Batalyon B Pelopor Aramiah dalam pembebasan sandera yang dilakukan oleh kelompok bersenjata.


Simulasi ini ditutup dengan peragaan oleh Tim Jibom dari Kompi 2 Batalyon B Pelopor Aramiah dalam melakukan penanganan apabila terjadi ancaman bom dan olah TKP dari tim Inafis Polres Aceh Tamiang.


Kapolres Aceh Tamiang juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kondusivitas, di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang selama Pilkada Serentak 2024.


“Apapun pilihan masyarakat, walaupun berbeda, namun tetap bisa menjaga keamanan dan kenyamanan bersama, dalam menyambut pesta demokrasi,” imbuh AKBP Muliadi


Redaksi 

Post a Comment

0 Comments

Terkini

Close Menu