Cegah Keluar Masuk Pelintas Batas Ilegal Satgas Pamtas Statis RI- PNG Yonif RK 111 /KB Adakan Pemeriksaan.




Bandarkhalifahnews.com | Boven Digoel. Satgas Pamtas Statis RI - PNG Yonif RK 111/KB selain tugas pokoknya Melaksanakan Oprasi pengamanan disepanjang jalan perbatasan darat RI - PNG dan mencegah pemindahan 14 patok batas diwilayah Kab. Boven Digoel Prov. Papua Selatan dalam rangka mendukung tugas pokok Kolakops Korem 174/ATW juga melaksanakan pemeriksaan terhadap warga yang keluar masuk Negara perbatasan RI-PNG, Minggu (20/08/2023)



Lettu Inf. Iqbal Priya Atmaja, S.T.Han selaku Danpos Rawa Bustop mengatakan pemeriksaan warga pelintas batas ini merupakan kegiatan rutin dilaksanakan untuk mencegah keluar masuknya warga diperbatasan RI-PNG berpijak pada aturan UU No 6 tahun 2011 tentang keimigrasian, pasal 8 ayat (1) bahwa setiap orang yang ingin masuk/keluar wilayah Indonesia wajib memiliki dokumen perjalanan atau Identitas diri yang sah dan masih berlaku, Ujarnya"


Danpos Rawa Bustop juga menekankan anggotanya untuk tidak melakukan kekerasan dan selalu bersikap Humanis dalam pemeriksaan terhadap Masyarakat serta selalu Waspada, Koordinasi dengan Instansi terkait dalam hal ini Keimigrasian, karena Penduduk yang akan keluar masuk Negara RI -PNG harus dilengkapi dengan dokumen resmi dan Sah,


Anggota Satgas Pamtas RI-PNG tidak hanya mengecek dokumen juga mengecek barang bawaan Masyarakat pelintas batas, ditakuti adanya masyarakat yang membawa barang Ilegal, atau barang yang dapat mengancam Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti Senjata Api, Munisi, Narkoba dan lain lain.


Kegiatan ini dilaksanakan untuk menjaga keamanan wilayah perbatasan Indonesia yang merupakan salah satu tugas pokok TNI sesuai dengan UU No 34 Tahun 2004 tentang TNI.

Post a Comment

0 Comments

Terkini

Close Menu