Manfaatkan Potensi Wilayah, Babinsa Koramil 07/Jlk Sambangi Warga Pelaku UMKM Pengolahan Ikan Asin

Bandarkhalifah news.com | Aceh Timur - Dalam upaya peningkatan perekonomian di wilayah binaan, Babinsa Koramil Koramil 07/Jlk Kodim 0104/Aceh Timur, Sertu Okto Siswoyo melaksanakan kegiatan sambang ke Usaha Pengolahan Ikan Asin, Bertempat di Desa Kuala Geulumpang, Kecamatan Julok, Kabupaten Aceh Timur, Senin (03-07-2023).

Dalam kegiatan sambangi tersebut, Babinsa melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan Ibu Zulaiha yang sebagai berprofesi sebagai Pengolah Ikan Asin. Aparat Kewilayahan itu juga memantau, serta membantu para pekerja untuk menjemur Ikan Asin hasil olahan.

"Sertu Okto Siswoyo mengungkapkan Proses pengolahan ikan asin yang di lakukan oleh Ibu Zulaiha yaitu dengan menggunakan metode penggaraman basah yaitu penggaraman menggunakan larutan garam dan dilanjutkan dengan perendaman selama 1x24 jam, setelah itu tahap penjemuran sampai ikan menjadi kering," Terang Sertu Okto Siswoyo.

Bagi Ibu Zulaiha bahan baku untuk pengolahan ikan asin sangat mudah didapat, dikarenakan tempat tinggal dan tempat pengolahan ikan berada pada radius jarak yang sangat dekat dengan tempat pendaratan ikan.

Zulaiha menambahkan rata rata masyarakat setempat mengolah ikan hasil tangkapan menjadi ikan kering/asin karena mudah dilakukan dan banyak di minati dipasaran, serta ketersediaan bahan baku dan pecahayaan sinar matahari yang sangat mendukung.

Post a Comment

0 Comments

Terkini

Close Menu