Percapatan Imunisasi Tentang Isu Perkembangan Polio




BANDARKHALIFAH NWES | |Aceh Timur - Respon Kepala Puskesmas Darul Aman, terkaid terbitnya surat edaran dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui Dirjen Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Menular tgl 21 November 2022 , yang mengingatkan seluruh jajaran kesehatan tentang kewaspadaan dini kejadian luar biasa polio dari kasus virus polio vaksin tipe 2 (VDPV2) di Kabupaten Pidie Provinsi Aceh. 


Terkait surat edaran tersebut Kepala Puskesmas Kecamatan Darul Aman Marmeam S.Kep MKM langsung terjun lakukan Peninjauan dan memberikan bimbingan kepada para kader di Desa Keumuneng Dua untuk pelaksanaan posyandu dan pematauan kasus polio di daerah Kecamatan Darul Aman tanggal 23 november 2022.



"Patut di acungi jempol dan apresiasi untuk kepala Desanya, Keuchik Jamaluddin, SE, yang sangat respon terhadap perkembangan kesehatan warganya tegas dari kepala Pukesmas Darul Aman

 

Marmeam S.Kep MKM, Virus Polio terdiri dari 3 strain yaitu Strain-1 (Brunhilde), Strain-2 (Lansig), dan Strain-3 (Leon), termasuk Family Picornaviridae. Penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan dengan kerusakan motor neuron pada cornu anterior dari sumsum tulang belakang akibat infeksi virus. Virus Polio dapat menyebabkan kelumpuhan dan cacat seumur hidup


Kita akan terus lakukan giat ini diseluruh posyandu yang ada di kecamatan Darul Aman, dan kami berharap kerjasama yang baik dengan kepala Desa dan kader yang ada di Desa untuk mencegah penyebaran virus polio ini, tutup Marmeam.


Demi memenuhi layanan kesehatan yang menjadi hak warga Gampong Keumuneng Dua, Kepala Puskesmas Darul aman, Marmeam S.Kep MKM memberikan Sosialisasi dan pelayanan kesehatan terhadap Warga Kecamatan Darul Aman khususnya Gampong Keumuneng Dua. Kedatangan dan keberadaan serta keperdulian dokter dan tenaga medis Puskesmas Darul Aman, Termaksih tambah Keuchik Jamal.



Jurnalis|JM

Post a Comment

0 Comments

Terkini

Close Menu